Catat, Ini 5 Cara Memulai Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Investasi dapat memberikan begitu banyak manfaat dan keuntungan. Tak hanya keuntungan di masa sekarang namun juga di masa depan. Bagi para anak muda yang masih di usia produktif, sangat disarankan untuk mulai mempersiapkan diri berinvestasi. Pahami dulu seperti apa cara memulai investasi sehingga bisa menghasilkan profit yang besar dan meminimalkan risiko kerugian yang ada.

Memulai Investasi

Bicara soal investasi, tidak seharusnya Anda hanya berpaku pada jumlah profit atau return. Jangan pernah asal-asalan menginvestasikan dana tanpa melakukan langkah-langkah dan analisis yang tepat. Berikut adalah 5 cara efektif dan aman memulai investasi demi kebaikan di masa tua:

1. Tentukan Tujuan

Langkah pertama, Anda harus menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Bagaimanapun juga Anda pasti punya tujuan tertentu yang kemudian membuat Anda berinvestasi. Penentuan tujuan ini nantinya juga akan berpengaruh pada strategi investasi yang akan dilakukan. Tepatnya strategi yang bisa membantu Anda mencapai tujuan investasi.

Dibutuhkan tujuan yang jelas karena ini nantinya akan menjadi motivasi bagi diri Anda. Anda akan selalu ingat tujuan investasi dan berusaha untuk mencapainya. Jika ada tujuan yang jelas maka Anda juga pasti akan lebih terpacu untuk konsisten. Selain itu penentuan tujuan ini juga dilakukan agar dana return hasil investasi tidak hilang begitu saja tapi dialokasikan ke arah yang tepat.

2. Pahami Kemampuan Modal

Investasi membutuhkan modal dan Anda harus tahu dulu berapa banyak modal yang bisa dikeluarkan. Pahami dulu kemampuan finansial Anda dan pastikan untuk mengeluarkan modal investasi sesuai kemampuan tersebut. Cek kondisi finansial dan buatlah rencana modal yang tidak akan memberatkan Anda.

Misalnya, Anda tidak bisa mengeluarkan modal besar untuk investasi. Bisa karena gaji kecil atau kebutuhan yang terlalu banyak. Jika ini masalahnya maka coba cari aset atau instrumen investasi yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Intinya selalu sesuaikan pilihan investasi dan modal dengan kemampuan pribadi finansial Anda.

3. Pilih Instrumen sesuai Profil Risiko

Ada banyak sekali pilihan instrumen investasi yang bisa diandalkan saat ini. Salah satu cara memulai investasi yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis instrumen paling sesuai dengan profil risiko. Setiap orang pasti memiliki profil risiko yang berbeda-beda. Ada yang konservatif dan ada juga yang risk taker atau agresif.

Sebagai contoh mudah, Anda memiliki profil risiko rendah dan ingin aset investasi yang aman sekaligus konservatif. Dalam hal seperti ini reksadana pasar uang bisa jadi pilihan. Lain halnya jika profil risiko sudah tinggi dan siap dengan jenis investasi agresif, maka saham dan reksadana saham bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Pilih Platform yang Aman

Saat ini ada banyak platform yang menawarkan kemudahan investasi. Pastikan untuk tidak sembarangan memilih platform. Pilihlah yang dijamin aman, terdaftar OJK, dan memang sudah kredibel di bidang investasi. Jangan simpan uang Anda di platform investasi yang tidak kredibel atau bahkan ilegal karena hal ini bisa membuat Anda rugi besar.

5. Pastikan untuk Konsisten

Jangan lupa, Anda harus berusaha untuk selalu konsisten berinvestasi. Saat akan memulai langkah investasi, pahami tujuan Anda dan memiliki niat kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Buatlah jadwal dan alokasi dana rutin untuk diinvestasikan. Jika perlu aktifkan sistem autodebet agar bisa konsisten berinvestasi.

Seperti itulah cara aman dan mudah memulai investasi yang bisa dilakukan para anak muda masa kini. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan pilih instrumen investasi yang aman. Seperti P2P Lending Legal yang bisa dijadikan sebagai pilihan aset menjanjikan di zaman sekarang.

Sumber:

https://kejarmimpi.id/ini-panduan-memulai-investasi-di-usia-muda.html

https://www.tanamduit.com/belajar/inspirasi/7-tips-investasi-untuk-pemula

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.